Monday, March 10, 2008

Metropolis : Jalan

Jakarta, ibu kota Indonesia yang menampung 10% penduduk Indonesia dengan luasnya yang hanya mencapai 0,035% dari luas Indonesia.

Jakarta jadi pusat orang-orang daerah untuk mencari sumber penghasilan. Dipengaruhi oleh sodaranya yang udah menetap di Jakarta, banyak orang dari seluruh Indonesia dateng ke Jakarta tanpa memiliki kesiapan yang memadai, baik secara kemampuan ataupun mentalnya.

Orangnya pun bermacem-macem. Kadang kalo diliatin, tingkah laku orang Jakarta lucu-lucu loh. Dari yang buta warna ga bisa bedain warna merah-kuning-ijo sampe yang berani mati melawan arus jalan. Yang ngelakuin juga dari brbagai macem kalangan. Dari angkot, sampe mobil-mobil yang masih bagus yang kalo mau dipikir, orang-orangnya harusnya berpendidikan tinggi dan memiliki sopan santun yang baik.

Dengan banyaknya orang yang berjubel di Jakarta, tentu saja kendaraan paling banyak ada di Jakarta. Ditambah lagi, fasilitas jalan yang ada pun kurang memadai. Hal ini menyebabkan Jakarta menjadi sangat macet. Terus, dengan banyaknya kendaraan yang lalu lalang, otomatis jalan lebih sering dilewati kendaraaan, yang menyebabkan jalan ini jadi lebih cepet rusak.

Lahan yang tersisa pun sangat sedikit, terutama lahan yang harusnya dijadikan tempat penyerapan air. Lahan-lahan ini kebanyakan menjadi tmpat tinggal penduduk, baik yang resmi ataupun bukan. Alhasil, di Jakarta sering sekali terjadi banjir ato genangan-genangan air yang tinggi. Kalo udah gini, jalan juga cepet rusak.

Intinya sih, sekarang ini jalan di jakarta udah parah banget. Banyak banget lobang dimana-mana. Salah satu lobangnya bikin gw kehilangan mika dari lampu sen kanan gw karna si lobang ini ada di tengah jalan raya yang menjadi salah satu jalan utama di Jakarta dimana biasanya mobil melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Dan semakin gw jalan-jalan di tengah kota, makin keliatanlah cacatnya jakarta sebagai ibu kota Indonesia ini.

Kadang pemerintah pun bikin pelebaran jalan yang kalo dipikir-pikir ga guna. Bayangin aja, ngelebarin jalan, tapi pohonnya ga dipindahin. Buat apa coba? Jadi setiap 100m, ada pohon yang ketanem di ruas jalan. Lucu ya?

Nah...
Kalo udah begini solusinya apa? Ganti pemrintah? Mau ganti gubernur ratusan kali pun ga bakal ada gunanya. Entah mereka ga peduli, ato emang masalahnya bukan di gubernur, tapi ada di rakyatnya sendiri.

Jadi, siapa yang salah?
Muka lo salah (halaaaaah)...
Yaaaah... Kalo udah gini sih, bisa dibilang Jakarta udah bobrok dari akar-akarnya... Bobrok dari setiap individunya (bisa jadi gw pun ikutan bobrok)... Mendingan mulai dari diri sendiri dulu aja deh... Walopun ngomong emang gampang banget... Realisasinya setengah gila... Yaaah... Semoga Jakarta layak menjadi ibu kota Indonesia... Amiiin...

No comments: